Tata Cara dan Prosedur bagi Nasabah untuk Bank

Tata Cara dan Prosedur Transaksi Nasabah Bank

  •  Nasabah Tabungan
  • Nasabah yang ingin membuka Rekening Tabungan :
  • Membawa data identitas diri.
  • Mengisi Formulir Pembukaan Buku Tabungan di Customer Service / SA.
  • Mengisi Slip Penyetoran Awal di Bagian Pelayanan Bank.
  • Menyetorkan Nominal Setoran di Bagian Kasir.
  • Nasabah Tabungan yang akan melakukan Transasksi di Kantor Bank Harus membawa Buku Tabungan dan Mengisi Slip Penyetoran atau Penarikan ( Wajib Membawa KTP Asli dan Nasabah Tabungan Sendiri yang datang untuk melakukan penarikan Tabungan ).
  • Nasabah Deposito
  • Nasabah yang ingin membuka Rekening Deposito :
  • Membawa data identitas diri.
  • Mengisi Formulir Pembukaan Deposito di Customer Service / SA untuk diberikan kepada Bagian Pelayanan Bank.
  • Menyetorkan Nominal Setoran di Bagian Kasir.
  • Nasabah yang melakukan Pencairan Deposito
  • Membawa Bilyet Deposito Bank dan Data Identitas Diri.
  • Nasabah Menuju ke Bagian Pelayanan untuk dilakukan Pencairan Deposito dengan Menyerahkan Bilyet Deposito Bank untuk segera di Proses.
  • Nasabah Kredit
  • Nasabah Kredit yang melakukan Pembayaran Angsuran
  • Membawa Kartu Pinjaman dari Bank untuk dilakukan proses perhitungan jumlah Pembayaran Angsuran di Bagian Pelayanan
  • Nasabah melakukan Pembayaran Angsuran di Bagian Kasir Bank.

Tata Cara Pengaduan dan Penyelesaian Pengaduan Nasabah

     Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 01/POJK.07/2013 tanggal 6 Agustus 2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 2/SEOJK.07/2014 tanggal 14 Februari 2014 tentang Pelayanan Dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen Pada Pelaku Usaha Jasa keuangan, dengan ini diinformasikan Prosedur Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Nasabah PT Bank Perkreditan Rakyat Bumi Jaya (selanjutnya disebut Bank) sebagai berikut :

Prosedur Penyampaian Pengaduan kepada Bank

      Pengajuan pengaduan kepada Bank hanya dapat dilakukan oleh nasabah atau perwakilan nasabah yang bertindak untuk dan atas nama nasabah (ditunjukkan dengan surat kuasa bermeterai). Nasabah dapat menyampaikan pengaduan kepada Bank melalui beberapa cara sebagai berikut:
  • Pengaduan secara lisan.
       Nasabah mendatangi kantor cabang Bank terdekat dan menyampaikan pengaduan melalui Customer Service / Petugas pelayanan nasabah , atau
Nasabah menelpon dan menyampaikan pengaduannya melalui no telp 0321-363276. Pengaduan secara lisan dari nasabah akan ditangani dan diselesaikan dalam 2 (dua) hari kerja setelah tanggal pengaduan diterima. Apabila pengaduan yang diajukan oleh nasabah memerlukan penanganan dan penyelesaian lebih dari 2 (dua) hari kerja, maka Bank akan menyampaikan kepada nasabah agar mengajukan pengaduannya secara tertulis.

  • Pengaduan secara tertulis.
      Pengaduan secara tertulis dapat disampaikan melalui website : https://creva.id/app/whistleblowing-system/BPR_BUMI_JAYA surat, email bumi_jaya202@yahoo.co.id dengan judul “Pengaduan”
Dalam hal pengaduan diajukan secara tertulis, maka nasabah wajib melampirkan fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya. Seperti :
  • Foto copy KTP nasabah dan atau perwakilannya (jika diwakilkan)
  • Surat kuasa dari nasabah yang diwakilkan (jika diwakilkan)
  • Foto copy rekening yang diadukan. (tabungan dan atau deposito
  • Foto copy bukti transaksi keuangan yang terkait permasalahan.
  • Foto copy dokumen pendukung lainnya yang terkait permasalahan

            Pengaduan secara tertulis akan ditangani dan diselesaikan dalam 20 (dua puluh) hari kerja setelah tanggal penerimaan pengaduan diterima oleh Bank dan dapat diperpanjang sampai dengan paling lama 20 (dua puluh) hari kerja berikutnya apabila Bank memerlukan perpanjangan waktu untuk penyelesaian pengaduan nasabah yang disebabkan oleh kondisi tertentu dengan memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku. Dalam hal ini Bank akan memberitahukan secara tertulis kepada nasabah sebelum jangka waktu 20 (dua puluh) hari kerja yang pertama berakhir.


Kerahasiaan Data Nasabah

             Bank akan menjaga kerahasian data nasabah yang melakukan pengaduan kepada Bank terhadap pihak manapun, kecuali :

  • Kepada pihak Otoritas Jasa Keuangan ;
  • Dalam rangka penyelesaian pengaduan ;
  • Diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan dan/atau ;
  • Atas persetujuan nasabah yang bersangkutan.

          Demi kelancaran proses pengaduan dan penanganan pengaduan maka nasabah perlu memperhatikan hal-hal berikut :

Tentukan inti permasalahan yang akan diadukan.

Siapkan dokumen pendukung yang terkait permasalahan yang akan diadukan.

Simpan dengan baik dokumen-dokumen asli yang dimiliki dan sampaikan kepada bank salinan/copy dokument tersebut saat melakukan pengaduan.

Catat no. register  yang diberikan bank dan nama petugas yang menerima pengaduan.

Simpan dokumen surat-menyurat yang ada termasuk surat hasil penyelesaian pengaduan.


Apabila nasabah tidak puas dengan hasil penyelesaian yang disampaikan Bank , nasabah dapat melanjutkan upaya penyelesaian melalui fasilitas penyelesaian melalui Otoritas Jasa Keuangan OJK.

Komentar